Sabtu, 19 November 2011

Cara merubah Warna CMD Secara Permanen

okelah kali ne saya akan postingkan tips komputasi hasil uji coba saya sendiri..
nah sebelumnya saya jelaskan dulu mengapa saya posting ne article..? Disini saya ikut berpartisipasi dalam Lomba blogging kategory Umum,saya mohon do'a restunya ya bro agar saya bisa memberikan yang terbaik dalam artikel saya dan mendapatkan hasil terbaik untuk karya saya.
aminn...ok sebelumnya saya Perkenalkan dulu tentang COMPUTING CUP ini.
Computing Cup 2011 merupakan agenda yang baru pertama kali diadakan oleh Program Studi Ilmu Komputasi Institut Teknologi Telkom. Sebuah ajang kompetisi antar siswa SMA/SMK maupun umum yang terdiri dari:
Seminar "Peranan dan Peluang Ilmu Komputasi Dalam Era Konvergensi"
  • Lomba Animasi Pendek
  • Lomba Ide Aplikasi
  • Lomba Aplikasi
  • Lomba Blogging
 hehehhe.pada minat ikutan kan..?
oke untuk mempersingkat karakter...langsung aja kita ke pokok pembahasannya...saya coba jelaskan sedikit ya masalah DOS..
Berbeda dengan versi DOS sebelumnya, pada versi DOS dari Windows XP, kita
dapat mengubah warna background dan tulisannya. Caranya pun sangat mudah. Anda
dapat mengubah warna ini secara sementara maupun permanen. Cara sementara
maksudnya ketika Commad Prompt dijalankan lagi maka warnanya akan kembali ke
warna asalnya. Tetapi bila menggunakan cara permanen, maka warna yang akan
ditampilkan ketika Commad Prompt dijalankan adalah warna yang sudah kita tentukan
tersebut. Berikut cara mengubah dengan warna sementara:
1. Jalankan Commad Prompt dengan cara, klik Start/All Programs/Accessories/
Command Prompt.
2. Setelah jendela Command Prompt tampil, ketikkan ‘color /?’ lalu tekan Enter.




3. Di sana anda akan menjumpai tata cara menggunakan perintah color ini.



4. Tentukan warna yang cocok menurut anda. Contoh, ketik ‘color A3’. Dimana A
sebagai warna untuk background dan 3 sebagai warna tulisan.



Nah akan tetapi warna ini akan hilang kembali ketika Commad Prompt ditutup. Hal ini
dikarenakan sifatnya yang sementara. Untuk membuat setting warna ini permanen,
Anda perlu melakukan sedikit manipulasi registry dengan cara:
1. Klik Start/Run, ketik ‘regedit’ lalu klik OK.




2. Kemudian arahkan ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Command
Processor hingga menampilkan dialog seperti dibawah ini:



3. Buat atau edit-lah data DWORD bernama ‘DefaultColor’ dengan cara mengklik 2
kali name DefaultColor tersebut.



4. Isikan nilainya sesuai dengan yang anda inginkan, misalnya 5B.




5. Untuk melihat hasilnya, tutup jendela registry anda kemudian silahkan jalankan
Commad Prompt. Selamat mencoba.




Nah sekian Tips dari saya ...semoga bermanfaat ..
ohh iaa bagi teman2 yang pengen mengikuti ajang perlombaan blogger ini untuk memperkuat daya kreatifitas dan kemampuan kita di bidang teknologi Informatika Komputer..langsung aja brodaftar..nih link nya saya kasih di bawah ini.
Computing Cup 2011

KLIK AJA DI SINI LANGSUNG MENUJU PERSYARATAN COMPUTING CUP

3 komentar:

 
./BoeimCyber © 2011 Templates | Boeim