Jumat, 09 Desember 2011

TEKNIK DISCONNECT KAN MODEM LAWAN !!!

Betapa mudahnya melakukan koneksi ke Internet dengan modem, tinggal membuat koneksi dengan wizard, klik connect dan selesailah semuanya. Di balik semua kemudahan ini, pernahkan terpikirkan bagaimana komputer berkomunikasi dengan modem ?
Agar Anda lebih memahaminya, klik tombol Start i) Control Panel [> Phone and Modem Options [>Modems [> Pilih modem yang Anda gunakan [> Properties  

Pada form properties modem, klik tombol Query Modem(l). Perhatikan pada kolom Command dan Response (2), yang memperlihatkan karakter-karakter aneh. Jika diperhatikan, perintah atau command semuanya dimulai dengan huruf AT, karena itulah seringkali perintah-perintah ke modem sering disebut sebagai "perintah AT". Perintah AT ini mengikuti standard Hayes yang hampir digunakan oleh semua modem (bahkan saya tidak mampu memberikan contoh modem yang tidak menggunakannya).
Dalam perintah AT yang juga bisa Anda lakukan secara manual melalui HyperTerminal, untuk melakukan dial ke suatu nomor, digunakan perintah ATDT atau ATDP. Misalkan saat Anda melakukan koneksi ke Internet dengan nomor telepon 080989999, maka sebenarnya yang dilakukan secara internal adalah penggunaan perintah ATDT 080989999 atau ATDP 080989999.
Modem yang mendapatkan perintah ini akan segera melakukan dial ke Telkomnet. AT bisa diartikan meminta perhatian (ATtention) dari modem, sedangkan DT artinya Dial by Tone dan DP artinya Dial by Pulse.
Ketika modem dalam keadaan online, perintah AT tidak bisa diberikan kepada modem karena perintah-perintah AT yang Anda berikan akan dianggap sebagai data untuk ditransfer.
Lalu bagaimana memerintahkan modem untuk melakukan disconnect ? Pertanyaan bagus! Komputer akan mengirimkan kode +++ yang berarti meminta modem merubah modus pengiriman data menjadi modus perintah. Kode +++ yang juga disebut sebagai escape characters ini memungkinkan kita memberikan perintah ATH0 yang akan memerintahkan modem untuk segera melakukan disconnect (+++ATH0).
Kini sampailah pada bagian yang menyenangkan. Ternyata dengan mengirimkan data +++ATH0 ke komputer korban dengan modem yang bermasalah,
data tersebut akan diterjemahkan menjadi perintah untuk memutuskan koneksi!. Pengiriman data ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui ping (hanya untuk keluarga linux) :
[root@lct root]* ping -p 2b2b2b415448300d -c 5 202.152.0.2
PATTERN: 0x2b2b2b415448300d
PING 202.152.0.2 (202.152.0.2) : 56 data bytes – 202.152.0.2 ping statistics -
5 packets transmitted, 0 packets received, 100% packet loss [root@narf ath0]#
Terlihat bahwa setelah menjalankan perintah ping yang berisi data +++athO, komputer korban tidak memberikan respon yang besar kemungkinan komputer korban telah disconnect.
Tentu saja cara ini juga bisa memberikan efek terhadap diri Anda sendiri jika menggunakan modem yang bermasalah, artinya justru Andalah yang pertama akan mendapatkan disconnect.
Bagaimana dengan pengguna windows ? masih terdapat berbagai cara seperti melalui telnet ke komputer korban (tentu saja jika komputer korban menjalankan ftp server) :
C:\>telnet 202.152.0.2
Trying 192.168.1.1.. .Connected to 192.168.1.1. Escape character is ,A]’.
220 foo FTP server (Version wu-2.4.2-academ[BETA-15](1) Fri
Dec 12
20:41:
USER +++ATH0 A]
telnet> close Connection closed.
Bagi pengguna windows, cara yang paling mudah adalah menggunakan program yang telah dibuat oleh Misoskian . Anda tinggal menjalankan program ini dan memasukkan alamat 1P komputer korban. Program yang diberi nama ROCKET (Gambar 20-2) ini berjalan sangat bagus dan sangat mudah penggunaannya.

Saya tidak mengetahui secara jelas siapakah penemu masalah ini, tapi yang jelas masalah yang sudah hampir berumur 5 tahun ini sampai saat ini masih terus berlanjut. Notebook yang saya gunakan saat ini, yang dibeli pada tahun 2002, Toshiba, Pentium 1.1 Ghz masih bermasalah untuk kelemahan ini. Akibatnya ? jika saya sedang menggunakan modem, dan ada yang melakukan penyerangan semacam ini, maka modem saya akan langsung disconnect.
Bagaimana menyelesaikan masalah ini agar kita tidak menjadi target atau bulan-bulanan orang iseng ? Adrian Gonzalez menyarankan Anda untuk merubah string S2 menjadi 255.
Perintah untuk merubah string S2 ini selengkapnya adalah ATS2=255. Perubahan ini bisa dilakukan melalui HyperTerminal (Start [> Programs i>Accessories [> Communications i> HyperTerminal).
 Gambar 2. Koneksi ke modem dengan Hyperterminal
Melalui HyperTerminal (Gambar 3), Anda bisa memasukkan perintah untuk merubah isi S2 menjadi 255.
Warna abu-abu adalah apa yang saya ketikkan melalui keyboard sedangkan yang warna hitam adalah respon yang ditampilkan oleh komputer. Perlu diperhatikan bahwa perintah-perintah yang saya ketikkan sebenarnya tidaklah kelihatan pada layar monitor (karena local echo tidak diaktifkan). Perhatikan perintah-perintah yang digunakan:
  1. Saya mengetikkan perintah AT dan menekan enter. Modem memberikan respon OK.
  2. Saya mengetikkan perintah ATS2? Untuk mengetahui nilai S2 saat ini. Modem menjawab nilainya 043
  3. Saya mengetikkan perintah ATS2 = 255 yang berarti memasukkan nilai 255 ke S2. Modem menjawab OK yang artinya perintah telah dijalankan dengan baik
  4. Saya mengetikkan perintah ATS2? Dan menekan enter untuk mengetahui nilai S2 saat ini. Modem menjawab 255.
  5. Kini langkah selanjutnya, yang dilakukan haruslah merekam perubahan ini ke dalam modem. Perintah yang sering digunakan
adalah WOl. Sayang sekali, modem internal notebook yang saya miliki tidak ada dokumentasi sama sekali mengenai perintah AT ini dan perintah yang saya ketahui ternyata tidak berlaku.
Oleh karena itu, ketika saya disconnect dari HyperTerminal, nilai S2 akan kembali ke semula yaitu 043. Anda tentu mempunyai kasus yang berbeda dengan saya dan mungkin bisa melakukan perubahan permanen pada modem ini.
Cara lain yang bisa digunakan dan saya gunakan saat ini adalah menambah perintah tambahan ketika modem di-inisialisasi. Jadi sebelum modem digunakan, nilai string S2 akan diisi secara otomatis oleh sistem operasi menjadi 255.
 Gambar 4. Inilialisasi Modem 

Untuk menambah string inisialisasi ke dalam modem yar bermasalah, klik tombol Start [> Control Panel 0 Phone and Modem Options i> Modems 0> Pilih modem yang Anda gunakan [> Properties i> Advanced. Pada kolom “Extra initialization commands:” masukkan perintah ATS2=255.
Tidak semua modem mempunyai masalah seperti ini, karena itu Anda perlu memastikan apakah modem Anda perlu di rubah atau ditambahkan inialisasi ini.

Semoga bermanfaat untuk semua yg membutuhkan ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
./BoeimCyber © 2011 Templates | Boeim